First-Cut Class Diagram (Sistem Informasi Paragon)
Paragon merupakan perusahaan yang menjual peralatan dan aksesoris komputer yang terletak di Pekanbaru. Paragon menjual berbagai macam jenis aksesoris (hardware & software) yang akan didistribusikan ke toko-toko besar maupun diambil langsung oleh pengecer. Penjualan hingga pendistribusian akan diurus oleh bagian penjualan yang akan berhubungan langsung dengan toko. Proses penjualan pada Paragon telah menggunakan sistem yang terkomputerisasi.
Berikut adalah proses bisnis yang terjadi :
Toko-toko yang akan memesan produk dapat menghubungi Paragon baik datang langsung ataupun melalui telepon. Kemudian toko tersebut akan didata ke dalam sistem oleh bagian penjualan. Untuk toko besar, bagian penjualan akan mengirimkan format form permintaan, katalog produk, serta penjelasan mengenai pembayaran melalui email. Pembayaran dilakukan setelah tagihan dikirim ke toko (satu bulan setelah barang dikirim) dan harus segera dilunasi untuk kemudian dibuatkan bukti pembayaran.
Jika toko tersebut ingin melakukan pemesanan, toko tersebut dapat mengisi form permintaan dan mengirimkannya melalui email. Bagian penjualan yang menerima email akan mengecek apakah barang di gudang tersedia atau tidak. Jika barang tersebut tersedia, bagian penjualan akan membuat form order untuk dirimkan kepada toko melalui email dan akan diterima oleh bagian gudang melalui sistem untuk selanjutnya dilakukan pengemasan dan dibuatkan surat jalan untuk mengatar barang pesanan ke toko dan harus ditandatangani oleh toko sebagai bukti bahw barang telah diantar.
Apabila barang tidak tersedia, maka bagian penjualan akan menghubungi toko untuk menawarkan jenis produk yang lain atau tidak. Apabila toko ingin mengganti jenis produk, maka bagian penjualan akan mengganti jenis barang dalam form permintaan yang dikirim oleh toko dan mebuatkan form order dan mengirimkannya melalui waiting list order yang akan dikirim ke toko melalui email, dan baru akan dibuatkan form order jika produk yang dipesan sudah tersedia.
Apabila order sudah jatuh tempo, maka bagian keuangan akan mengirimkan tagihan ke toko, apabila toko sudah melunasi tagihan, bagian keuangan akan membuatkan bukti pembayaran yang mana di dalam bukti pembayaran tersebut terdapat nomor tagihan.
Untuk pengecer, pemesanan dilakukan langsung dan bagian penjualan akan membuatkan form order. Form order tersebut akan diterima oleh bagian keuangan melalui sistem untuk proses pembayaran. Form order tersebut juga akan dicetak dan diberikan kepada pengecer untuk ditunjukkan kepada bagian pembayaran. Pengecer akan memberikan form order tersebut ke bagian keuangan dan bagian keuangan akan mencari order tersebut, menerima pembayaran, dan membuatkan bukti pembayaran dimana di dalam bukti pembayran tersebut pada nomr tagihan akan diberikan tanda "-" (strip) untuk menandai bahwa bukti pembayran ini merupakan order langsung dan barang belum diambil. Kemudian bukti pembayran akan diberikan kepada pengecer untuk selanjutnya ditunjukkan kepada bagian gudang. Bagian gudang yang menerima bukti pembayaran akan memberikan barang yang dipesan dan membuatkan bukti pengambilan barang dan diberikan kepada pengecer sebagai tanda terima.
Comments
Post a Comment