Ringkasan Materi E-Business Part I

Perbedaan E-Commerce dan E-Business
E-Business lebih luas dalam ruang lingkup dan E-Commerce hanya merupakan satu bagian dari E-Business.
E-Commerce mencakup transaksi bisnis seperti membeli dan menjual melalui internet.
E-Commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan uang sedangkan dalam E-Business, transaksi uang tidak diperlukan.
E-Business melibatkan pemasaran, perancangan produk, evaluasi layanan konsumen.
E-Commerce Business Model: mengatur aktifitas yg direncanakan dan didesain untuk hasil yg menguntungkan dipasaran.

Tipe E-Commerce
B2B: tipe yg banyak digunakan dan tipe ini menggunakan IOS. Contoh: walmart.
B2C: transaksi eceran dengan pembeli perorangan. Contoh: facebook, google, lazada.
C2C: konsumen menjual langsung kepada konsumen lainnya. Contoh: jualan dikaskus.
C2B: perorangan yg menjual produk/jasa kepada suatu organisasi.

Komponen/Element E-Commerce Business Model
  • Value Proposition: bagaimana produk/ jasa dr perusahaan memenuhi kebutuhan pelanggan.
  • Revenue Model: bagaimana perusahaan akan memperoleh pendapatan.
  • Market Opportunity: mengacu marketspace dimaksudkan perusahaan dan peluang potensi keuangan secara keseluruhan tersedia bagi perusahaan di pasar
  • Competitive Environment: mengacu pada perusahaan lain yg beroperasi di marketspace yg sama dgn menjual produk serupa.
  • Competitive Advantage: dicapai oleh perusahaan ketika dapat menghasilkan produk unggulan dan memasarkan dgn harga lebih rendah daripada pesaingnya.
  • Market Strategy: rencana untuk memasuki pasar baru dan menarik pelanggan baru.
  • Organizational Development: bagaimana perusahaan akan mengatur pekerjaan yg harus diselesaikan.
  • Manajement Team: karyawan perusahaan bertanggung jawab untuk membuat pekerjaan model bisnis.

Fitur Unik E-Commerce
  • Ubiquity: internet / web teknologi yg tersedia di mana-mana.
  • Global Reach: teknologi melintasi batas-batas nasional yg membuat marketspace berpotensi miliaran.
  • Universal Standards: ada satu set standar teknologi, yaitu standar internet.
  • Information Richness: video, audio, dan pesan teknologi yang mungkin.
  • Interactivity: teknologi bekerja melalui interaksi dengan pengguna.
  • Information Density: teknologi mengurangi biaya informasi, dan meningkatkan kualitas.
  • Personalization/Costumization: teknologi yg memungkinkan pesan pemasaran pribadi untuk menyampaikan kepada individu maupun kelompok
  • Social Technology: memungkinkan pengguna pembuatan konten dan distribusi.
Perilaku Konsumen menurut Kotler Amstrong
  • Perilaku membeli kompleks.
  • Perilaku membeli karena kebiasaan.
  • Perilaku pembelian pengurangan disonansi.
  • Perilaku membeli yg mencari variasi.
Digital Marketing Roadmap
  • Web Assets: sebuah strategi pemasaran digital terdiri dari aset digital.
  • Content Strategy: strategi pemasaran konten adalah upaya paralel dalam POA tersebut.
  • Social Channel Strategy: saluran dari keterlibatan dan distribusi untuk konten.
  • Tool Strategy: membutuhkan alat untuk mengeksekusi dan mengukur kemajuan dan hasil.
SDLC E-Commerce
  • Requirement Definition: menguraikan persyaratan untuk sistem baru.
  • System Analysis & Design: mengidentifikasi solusi yg paling memenuhi persyaratan dan mengidentifikasi bagaimana solusi akan dilaksanakan.
  • System Build: membangun website E-Commerce.
  • System Integration & Testing: setelah tahap membangun sistem selesai, pengujian dapat dimulai untuk memastikan sistem berfungsi dengan benar.
  • Deployment: menyebarkan web ke pengunjung.
  • Maintenance: mengevaluasi sistem, memeriksa kesalahan/bug dan memperbaiki, menambahkan fitur baru jika diperlukan.
  • Disposal: Sistem informasi harus dirancang untuk memungkinkan ekspansi sebagai bisnis yg tumbuh dengan upgrade software dan hardware.
Situs E-Commerce yg Baik menurut Delon & Mc. Lean
  • System Quality: kemudahan untuk digunakan, keandalan sistem, kecepatan akses, fleksibilitas sistem, serta keamanan.
  • Information Quality: Kualitas informasi yg dihasilkan harus lengkap dan mudah dimengerti.
  • Service Quality: awalnya digunakan dalam penelitian pemasaran (marketing).
  • Use: meliputi sistem pencarian informasi serta interaksi melalui navigasi dalam web.
  • User Satisfaction : meliputi cara mencari informasi tentang input data melalui sistem, informasi dan layanan.
  • Net Benefits: penggabungan dampak individual.
Ciri Sistem Pembayaran E-Commerce yg Baik
  • Pembayaran dua pihak tanpa perantara.
  • Pembayaran dengan perantara pihak ketiga.
  • Melakukan  pengambilan dari account masing-masing.
  • Mudah dan cepat seperti mendukung virtual account.
Sistem Security E-Commerce yg Baik
  • Integrity: informasi tidak boleh diubah tanpa seizin pemilik informasi.
  • Nonrepudiation: memastikan bahwa peserta tidak menyangkal tindakan online mereka.
  • Authenticity: mengidentifikasi identitas sesungguhnya dari seseorang.
  • Confidentiality: memastikan bahwa pesan dan data yg tersedia hanya untuk mereka yg berwenang untuk melihatnya.
  • Privacy: usaha untuk menjaga informasi dari orang yg tidak berhak untuk mengakses.
  • Availability: memastikan bahwa situs terus berfungsi.
Langkah-Langkah dalam Social Marketing
  • Analysis: mencari institusi yg dapat membantu dan bekerja sama.
  • Melakukan Research: mengetahui tanggapan masyarakat terhadap produk yg diberikan.
  • Menyusun strategi pemasaran: strategi ini digunakan untuk melawan pesaing.
  • Monitor dan Evaluasi: proses untuk menemukan kesalahan strategi yg telah diterapkan.
  • Pelaksanaan Proses Pemasaran: kegiatan ini menggunakan media yg telah dipersiapkan untuk menunjang program melalui pesan-pesan.
Karakteristik E-Commerce yg Baik menurut Jack Ma
E-commerce 2.0 needs a payment system.
E-commerce 2.0 build trust.
E-commerce C2C.
E-commerce consuming bug data (C2C).
E-commerce own the buyers , not products.
E-commerce is about big volume.
E-commerce is removing the middlemen fees.
E-commerce is doesn’t need logistic and shops.



Comments

Popular posts from this blog

User Experience or UX Topic 11 Design Testing With Users

User Experience atau UX Topik 10 Prototyping

Knowledge Management at Siemens Spain (Final Exam)