Ringkasan Materi E-Business Part I
Perbedaan E-Commerce dan E-Business
E-Business lebih luas dalam ruang lingkup dan E-Commerce hanya merupakan satu bagian dari E-Business.
E-Commerce mencakup transaksi bisnis seperti membeli dan menjual melalui internet.
E-Commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan uang sedangkan dalam E-Business, transaksi uang tidak diperlukan.
E-Business melibatkan pemasaran, perancangan produk, evaluasi layanan konsumen.
E-Commerce Business Model: mengatur aktifitas yg direncanakan dan didesain untuk hasil yg menguntungkan dipasaran.
Tipe E-Commerce
B2B: tipe yg banyak digunakan dan tipe ini menggunakan IOS. Contoh: walmart.
B2C: transaksi eceran dengan pembeli perorangan. Contoh: facebook, google, lazada.
C2C: konsumen menjual langsung kepada konsumen lainnya. Contoh: jualan dikaskus.
C2B: perorangan yg menjual produk/jasa kepada suatu organisasi.
Komponen/Element E-Commerce Business Model
- Value Proposition: bagaimana produk/ jasa dr perusahaan memenuhi kebutuhan pelanggan.
- Revenue Model: bagaimana perusahaan akan memperoleh pendapatan.
- Market Opportunity: mengacu marketspace dimaksudkan perusahaan dan peluang potensi keuangan secara keseluruhan tersedia bagi perusahaan di pasar
- Competitive Environment: mengacu pada perusahaan lain yg beroperasi di marketspace yg sama dgn menjual produk serupa.
- Competitive Advantage: dicapai oleh perusahaan ketika dapat menghasilkan produk unggulan dan memasarkan dgn harga lebih rendah daripada pesaingnya.
- Market Strategy: rencana untuk memasuki pasar baru dan menarik pelanggan baru.
- Organizational Development: bagaimana perusahaan akan mengatur pekerjaan yg harus diselesaikan.
- Manajement Team: karyawan perusahaan bertanggung jawab untuk membuat pekerjaan model bisnis.
Fitur Unik E-Commerce
- Ubiquity: internet / web teknologi yg tersedia di mana-mana.
- Global Reach: teknologi melintasi batas-batas nasional yg membuat marketspace berpotensi miliaran.
- Universal Standards: ada satu set standar teknologi, yaitu standar internet.
- Information Richness: video, audio, dan pesan teknologi yang mungkin.
- Interactivity: teknologi bekerja melalui interaksi dengan pengguna.
- Information Density: teknologi mengurangi biaya informasi, dan meningkatkan kualitas.
- Personalization/Costumization: teknologi yg memungkinkan pesan pemasaran pribadi untuk menyampaikan kepada individu maupun kelompok
- Social Technology: memungkinkan pengguna pembuatan konten dan distribusi.
Perilaku Konsumen menurut Kotler Amstrong
- Perilaku membeli kompleks.
- Perilaku membeli karena kebiasaan.
- Perilaku pembelian pengurangan disonansi.
- Perilaku membeli yg mencari variasi.
Digital Marketing Roadmap
- Web Assets: sebuah strategi pemasaran digital terdiri dari aset digital.
- Content Strategy: strategi pemasaran konten adalah upaya paralel dalam POA tersebut.
- Social Channel Strategy: saluran dari keterlibatan dan distribusi untuk konten.
- Tool Strategy: membutuhkan alat untuk mengeksekusi dan mengukur kemajuan dan hasil.
SDLC E-Commerce
- Requirement Definition: menguraikan persyaratan untuk sistem baru.
- System Analysis & Design: mengidentifikasi solusi yg paling memenuhi persyaratan dan mengidentifikasi bagaimana solusi akan dilaksanakan.
- System Build: membangun website E-Commerce.
- System Integration & Testing: setelah tahap membangun sistem selesai, pengujian dapat dimulai untuk memastikan sistem berfungsi dengan benar.
- Deployment: menyebarkan web ke pengunjung.
- Maintenance: mengevaluasi sistem, memeriksa kesalahan/bug dan memperbaiki, menambahkan fitur baru jika diperlukan.
- Disposal: Sistem informasi harus dirancang untuk memungkinkan ekspansi sebagai bisnis yg tumbuh dengan upgrade software dan hardware.
Situs E-Commerce yg Baik menurut Delon & Mc. Lean
- System Quality: kemudahan untuk digunakan, keandalan sistem, kecepatan akses, fleksibilitas sistem, serta keamanan.
- Information Quality: Kualitas informasi yg dihasilkan harus lengkap dan mudah dimengerti.
- Service Quality: awalnya digunakan dalam penelitian pemasaran (marketing).
- Use: meliputi sistem pencarian informasi serta interaksi melalui navigasi dalam web.
- User Satisfaction : meliputi cara mencari informasi tentang input data melalui sistem, informasi dan layanan.
- Net Benefits: penggabungan dampak individual.
Ciri Sistem Pembayaran E-Commerce yg Baik
- Pembayaran dua pihak tanpa perantara.
- Pembayaran dengan perantara pihak ketiga.
- Melakukan pengambilan dari account masing-masing.
- Mudah dan cepat seperti mendukung virtual account.
Sistem Security E-Commerce yg Baik
- Integrity: informasi tidak boleh diubah tanpa seizin pemilik informasi.
- Nonrepudiation: memastikan bahwa peserta tidak menyangkal tindakan online mereka.
- Authenticity: mengidentifikasi identitas sesungguhnya dari seseorang.
- Confidentiality: memastikan bahwa pesan dan data yg tersedia hanya untuk mereka yg berwenang untuk melihatnya.
- Privacy: usaha untuk menjaga informasi dari orang yg tidak berhak untuk mengakses.
- Availability: memastikan bahwa situs terus berfungsi.
Langkah-Langkah dalam Social Marketing
- Analysis: mencari institusi yg dapat membantu dan bekerja sama.
- Melakukan Research: mengetahui tanggapan masyarakat terhadap produk yg diberikan.
- Menyusun strategi pemasaran: strategi ini digunakan untuk melawan pesaing.
- Monitor dan Evaluasi: proses untuk menemukan kesalahan strategi yg telah diterapkan.
- Pelaksanaan Proses Pemasaran: kegiatan ini menggunakan media yg telah dipersiapkan untuk menunjang program melalui pesan-pesan.
Karakteristik E-Commerce yg Baik menurut Jack Ma
E-commerce 2.0 needs a payment system.
E-commerce 2.0 build trust.
E-commerce C2C.
E-commerce consuming bug data (C2C).
E-commerce own the buyers , not products.
E-commerce is about big volume.
E-commerce is removing the middlemen fees.
E-commerce is doesn’t need logistic and shops.
Comments
Post a Comment